Senin, 01 Juni 2009

TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) SULTAN SYARIF KASIM




TAHURA Sultan Syarif Kasim ditunjuk oleh Gubernur KDH Tk. I Propinsi Riau berdasarkan SK No. 367/IV/1985 tanggal 24 April 1985 tentang Penunjukan Kelompok Hutan Sungai Takula Minas Km 20 sebagai kawasan hutan dengan fungsi hutan wisata seluas 1.000 Ha.

Secara geografis TAHURA Sultan Syarif Kasim secara administratif termasuk Kecamatan Rumbai, Kotamadya Pekan Baru; Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Dati II Kampar; dan Kecamatan Mandau, Kabupaten Dati II Bengkalis, Propinsi Riau.

Topografi TAHURA Sultan Syarif Kasim Kondisi bervariasi dari datar, bergelombang ringan sampai sedang, dengan kemiringan 0 sampai 45%. Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson TAHURA Sultan Syarif Kasim termasuk ke dalam klasifikasi type A dengan curah hujan rata-rata pertahun 100 s/d 300 mm. Suhu udara minimum 21°C, maksimum 32,9°C dengan kelembaban rata-rata 83%.


Potensi Sumberdaya Alam

Flora

Vegetasi merupakan tipe hutan hujan tropis dengan didominasi oleh tumbuhan jenis pohon antara lain Kompas (Koompasia maccensis), Kelat (Eugenia spp.), Kulim (Scorodocarpu bernensis), Medang (Alseodaphne sp. ), Cengal (Hopea sp.), Balam (Palaqium sp) dan lain sebagainya.

Fauna

Beberapa jenis satwa yang dapat dijumpai antara lain Rusa (Cervus sp.), Babi hutan (Sus scrafa), Gajah (Elephas maximus sumatrensis), Ungko (Hilobaatidae), Trenggiling (Manis javanica) dan berbagai jenis burung seperti Rangkong (Beuceratidae), Punai dan lain sebagainya.

Potensi wisata alam

Di samping keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati, antara lain : sumber air, panorama alam hutan.Beberapa Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain : lintas alam, dan berkemah.

Sarana kemudahan dan pelayanan

Sarana kemudahan yang ada antara lain pendopo, jalan masuk, jalan setapak dari semen, jalan utama, tempat parkir, pintu gerbang, MCK, jembatan dan camping ground.

Pencapaian ke lokasi

TAHURA Sultan Syarif Kasim terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Pekan Baru - Minas - Duri - Dumai, dapat dicapai dengan kendaraan darat 1,5 jam dari kota Pekan Baru.


1 komentar:

  1. ada g tentang data fauna yang lebih lengkap di TAHURA klo ada kasih tau dong....

    BalasHapus