Senin, 01 Juni 2009

TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) SEULAWAH

Dasar hukum, letak dan luas
Calon TAHURA Seulawah ditidaklanjuti oleh Pemda melalui penetapan Surat Keputusan Gubernur Kepala D.I. Aceh No. 522.51/442/1990 tanggal 4 September 1990 tentang Pembentukan Tim TAHURA Seulawah dengan luas 25.000 Ha. Dari luas tersebut akan dipilih 10.000 Ha yang dianggap layak dan dapat mewakili keanekaragaman potensi flora, fauna maupun potensi fisik lainnya yang ada.
Secara geografis Calon TAHURA Seulawah terletak pada 0525' Lintang Utara dan 9540' Bujur Timur. Secara administratif termasuk Kabupaten Dati II Aceh Besar dan Kabupaten Dati II Pidie, Propinsi D.I. Aceh.
Potensi sumber daya alam
a. Topografi
Keadaan topografi Calon TAHURA Seulawah pada umumnya berbukit-bukit. Sebagian kecil dari areal tersebut merupakan dataran dengan status sebagai hutan negara bebas dengan ketinggian 0-40 m dpl dan berada di kaki Gn. Seulawah Agam.
b. Iklim
Menurut klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson, Calon TAHURA Seulawah termasuk dalam tipe iklim B dan C. Hasil pencatatan rata-rata curah hujan pertahun sebesar 67-101 hari. Curah hujan berkisar antara 1.750-2.000 mm/tahun. Temperatur udara rata-rata minimum 22°C dan maksimum 30°C. Kelembaban nisbi rata-rata 92,7% pertahun dan tekanan udara rata-rata 1.212,1 MB pertahun atau 1010,1 MB perbulan.
c. Flora
Calon TAHURA Seulawah memiliki berbagai jenis flora yang didominasi antara lain oleh Pinus (Pinus mercusii) dan Akasia (Acasia auriculiformis) seluas 250 Ha, serta padang alang-alang yang luas 5.000 Ha atau 20%. Penyebaran jenis-jenis flora ini hampir merata di semua kawasan, mulai dari hutan pantai, hutan dataran rendah hingga hutan dataran tinggi. Di sekeliling Calon TAHURA Seulawah dijumpai padang alang-alang yang diselingi dengan hutan-hutan muda.
d. Fauna
Berbagai jenis fauna terdapat di kawasan Calon TAHURA Seulawah yang antara lain: Rusa (Cervus unicolor), Babi (Sus Scrofa), Landak (Hystrik brachyura), Kancil, Kera ekor panjang, Burung sri gunting, Burung sempala, Ayam hutan, dan Lutung. Di samping itu dijumpai juga jenis mamalia besar di antaranya Gajah (Elephas maximus). Penyebaran jenis fauna hampir merata di seluruh kawasan.
Potensi wisata alam
Di samping keadaan alamya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati, antara lain: air terjun berair panas, sumber air panas, kawah ie juk, kawah belerang, tempat mengasin satwa, kubangan gajah, rumah, kolam, saluran pembagi air, bendungan tua peninggalan Belanda, mata air, lembah Mon Jasa Ma, Makan Tgk. Lamcut, Mesjid Tgk. Keumuruh, tebing batu bersusun, lintasan gajah, lantai gunung berbatu, alur besar berbatu, gunung gajah, batu monyet, tempat bermain siamang di pagi hari.
Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan
Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain : lintas alam, berenang, atraksi gajah dan siamang dan lain sebagainya.
Sarana kemudahan dan pelayanan
Sarana kemudahan dan pelayanan yang ada baru jalan setapak.
Pencapaian ke lokasi
Calon TAHURA Seulawah yang letaknya sangat strategis karena terpotong oleh ruas jalan lintas antara Medan - Banda Aceh, sangat mudah dijangkau baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua dengan jarak tempuh 50-70 km dari kota Banda Aceh.
Peluang usaha yang dapat dikembangkan
Peluang usaha yang dapat dikembangkan di Calon TAHURA Seulawah antara lain : usaha jasa pemandu wisata, usaha jasa akomodasi, dan usaha jasa sarana boga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar