Jumat, 03 Juli 2009

Cagar Biosfer, GIAM SIAK KECIL-BUKIT BATU


Giam Siak Kecil-Bukit Batu, Riau, ditetapkan sebagai Cagar Biosfer, melengkapi enam cagar biosfer Indonesia lainnya, yaitu cagar biosfer Gunung Leuser, Pulau Siberut, Cibodas, Tanjung Puting, Pulau Komodo, dan Lore Lindu.

Dengan ditetapkannya kawasan itu sebagai cagar biosfer, maka Giam Siak Kecil-Bukit Batu menjadi bagian World Network of Biosphere (WNBR) UNESCO yang terdiri dari 553 lokasi cagar biosfer di 107 negara pada 2009.

Inisiatif pembangunan cagar biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu itu berawal pada 2004, melibatkan Sinar Mas Forestry yang mengalokasikan sebagian area hutan produksinya seluas 72.255 hektare untuk tujuan konservasi secara permanen. Kawasan itu diubah menjadi koridor ekologi yang menggabungkan dua suaka margasatwa, Giam Siak Kecil dan Bukit Batu. Luas suaka margasatwa Giam Siak Kecil mencapai 84.967 hektare dan Bukit Batu, yang mencapai 21.500 hektare.

Cagar biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu dibagi menjadi tiga zonasi, yaitu zona inti (178.722 hektare), zona penyangga (222,425 hektare), dan zona transisi (304.123 hektare). Canecio Peralta Munoz, penasihat lingkungan dan stakeholder engagement Sinar Mas Forestry, mengatakan pihaknya tak akan mengutak-atik area hutan produksi yang telah diubah menjadi kawasan cagar biosfer, termasuk 35 persen area hutan mereka yang berada di zona inti.*Sumber:Tempo Interaktif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar